// //

Gunung Arjuno Malang Jawa Timur

Gunung Arjuno salah satu gunung aktif di Jawa Timur sering di jadikan lahan pendakian oleh wisatawan maupun para pencinta alam. Banyak di antara pegunungan di Jawa Timur layak menjadikan sebuah pendakian yang extrim dan menguji mental seseorang di antaranya Gunung Semeru, Gunung Kawah Ijen, Gunung Raung, Wisata Gunung Bromo dan Gunung Arjuno. Semua itu merupakan gunung berapi aktif yang memiliki kandungan belerang. Dari kesekian gunung di Jawa Timur mereka mempunyai silsilah atau sejarah berbeda-beda. 

Pendakian Gunung Arjuno, Trekking Gunung Arjuno, Rute Gunung Arjuno

Gunung Arjuno Malang memiliki ketinggian mencapai 3.339 mdpl, dan gunung ini tergolong paling tinggi setelah Semeru, dan Raung, serta menjadi tertinggi nomer lima di Pulau Jawa. Gunung Arjuno yerletak di Kabupaten Malang  Jawa Timur, secara administratif berada di perbatasan Kota Batu di sebelah barat dan Kabupaten Pasuruan di sebelah timur. Para pendaki biasanya selain berkunjung ke Gunung Arjuno, mereka menyempatkan diri untuk tidak melewatkan pegunungan eksotik lainya yang memang kebetulan bersebelahan dengan Gunung Arjuno yaitu Gunung Wlirang, Gunung Kembar 1, dan Gunung Kembar 2.


Pendakian Ke Gunung Arjuno

Pendakian di Gunung arjuno memang membutuhkan tenaga extra prima baik secara fisik maupun mental. Tak sedikit para pendaki mengalami kendala-kendala serius yang mengakibatkan putus perjalanan. Karena medan atau perlinatasan memiliki rintangan yang benar-benar menguras tenaga dan di sisi lain gunung ini, masih beraroma alam mistis atau dunia luar, dan tak jarang sebagian pendaki mengalami hal aneh jika menyalahi peraturan yang ada.. Pada saat tertentu banyak pejiarah berdatangan di sebagian titik dari pada badan gunung ini, karena masih banyak benda-benda peninggalan sejarah yang tersimpan di sekitar Gunung Arjuno.

Rute Pendakian Ke Gunung Arjuno Malang

Jika ingin meluluskan pendakian puncak Arjuno, kita bisa melintasi di akses-akses yang berbeda, dan memiliki ciri khas pendakian tersendiri.  Kita bisa pilih beberapa akses utama yang biasa di jadikan start pendakian diantaranya  Kecamatan Lawang, Kecamatan Tretes, Purwosari dan Kota Batu. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  • Via Tretes : Pos Perijinan - Pos Pet Bocor - Pos Kopkopan - Pos Pondokan - Lembah Kidang - Watu Gede - Pasar Dieng - Gunung arjuno.
  • Via Purwosari : Desa tambak Watu - Goa Antaboga - mPetilasan eyang Abiyasa - Petilasan Eyang Sakri - Petilasan Eyang Semar - Petilasan Wahyu Makutarama - Puncak Sepilar - Candi Manunggale Suci - Puncak Gunung Arjuno.
  • Via Lawang : Basecamp Lawang - Kebun Teh Wonosari - Pos 2 - Padang Savana - Pos Maha Pena - Pos Alas Gombes - Cemoro Sewu - Alas Lali Jiwo - Puncak Arjuno.
  • Via Batu: Kantor KSDA - Lereng Gunung Kembar 1 - Puncak Gunung Arjuno.

Empat jalur tersebit merupakan lintasan yang sudah di tentukan oleh Badan Taman Nasional setempat dan bagian daerah aman bagi pendaki di Gunung Arjuno Malang. Dan sebagai perlengkapan penting bagi setiap pendaki harus di sediakan ialah bekal yg cukup dan peralatan mendaki serta kemping. Jangan lupa membawa obat-obatan antisipasi takut ada hal yang tidak di idnginkan ketika mendaki ke gunung Arjuno.