// //

Mau Tour Bromo? Jangan Salah Kostum

tour bromo, liburan bromo murah
Kostum memang sangat penting. Bukan hanya baju, namun semua yang melekat di tubuh Anda adalah kostum. Mulai dari topi, masker, sarung tangan, jacket, celana, sepatu, yang Anda bawa, merupakan satu paket komplit kostum. Untuk tour Bromo, Anda butuh kostum yang benar-benar sesuai. Mencari kostum yang cocok untuk naik gunung memang susah susah gampang. Sama halnya dengan ke pesta, perlu pertimbangan yang matang dan menjamin kenyamanan. Anda harus benar-benar paham medan yang akan ditempuh, sebab gunung punya karakteristik masing-masing, jadi sebelum Anda  memutuskan untuk naik gunung Bromo, baca info berikut ini agar perjalanan lebih lancar.

Kostum Tour Bromo Top to Toe


• Topi Dan Masker
Kita mulai dari ujung kepala, yaitu topi, biasanya bagi mendaki gunung profesional topi merupakan komponen penting, apalagi untuk tour Bromo dengan ketinggian di atas 3000 m dari permukaan laut. Nah yang perlu Anda lakukan adalah pilih topi yang berbahan tebal seperti topi kupluk yang memang didesain selain untuk melindungi kepala, juga untuk menghangatkan kepala jika Anda terjebak pada udara dingin selama perjalanan. Jangan lupa pilih yang memakai tali, sehingga tidak mudah jatuh, ketika Anda berada di medan miring atau terjal.

Sama halnya dengan topi, masker juga berfungsi memberikan efek hangat selama perjalanan. Sebab banyak pendaki yang mengalami hipotermia atau tak bisa mengendalikan suhu dingin, karena tak memakai masker. Nah, untuk itu pilih masker yang tebal dan hangat. Dan usahakan bisa multifungsi, selain menjaga pernafasan, juga melindungi leher Anda.

• Jaket dan sarung tangan
Untuk jaket pastikan pilih yang berbahan dasar tidak tembus air dan dilapisi polar atau wol yang berfungsi menghangatkan Anda. Karena semakin tinggi Anda mendaki, maka suhu udara akan semakin dingin. Jangan sekali-kali memakai jaket yang ngepas di badan, beli yang agak longgar agar Anda lebih nyaman. Jangan lupa soal kualitas jaket ya, dari jahitan yang harus kuat , hingga merk jaket. Karena merk jaket yang khusus bagi pendaki akan berbeda dengan jaket biasa.

Untuk sarung tangan, secara garis besar model sarung tangan adalah standar yaitu terbuat dari wol dan tebal serta melekat di tangan dan punya lapisan anti air, ini untuk memudahkan mobilitas Anda selama perjalanan. Untuk memegang dahan, ranting, atau menghindari terkena sengatan binatang liar yang mungkin saja akan Anda temui selama perjalanan tour Bromo Anda kali ini.

• Celana dan sepatu.
Komponen kostum selanjutnya adalah celana. Untuk para pendaki disarankan memilih celana berbahan ringan dan bisa cepat kering. Karena medan pendakian sangat beragam, bisa saja Anda harus digujur hujan lokal sebelum mencapai puncak. Untuk antisipasi kondisi tak terduga saat tour Bromo, pilih yang two in one alias celana panjang plus pendek. Maksudnya celana panjang yang Anda beli memiliki resleting di bagian lutut atau paha untuk dibuka jika Anda terkena lumpur atau hal-hal lainnya yang menyebabkan bagian bawah celana Anda basah atau kotor.

Sepatu sebagai alas kaki Anda, harus dipilih yang nyaman di kaki, dan melindungi setiap bagian kaki Anda, mulai dari engkel, belakang kaki, bagian atas, bagian bawah dan keseluruhan kaki. Pilih sepatu kets ya, jangan sepatu yang biasa Anda pakai ke mall. Pastikan juga sepatu tersebut mampu menjadi peredan tekanan dari medan yang Anda lalui, sehingga resiko terkilir bisa dihindari.

Tidak bingung lagi kan untuk memilih kostum tour Bromo Anda? Memang perlu persiapan dana yang lebih lho. Tapi apa Anda mau mempertaruhkan nyawa hanya karena salah kostum saat mendaki gunung, tidak kan. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi Anda yang dalam waktu dekat berencana menaklukkan gunung bromo ya.