// //

Hal-Hal Harus Dihindari Ketika Wisata Bromo Murah

Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif dan sudah meletus beberapa kali. Letusan Gunung Bromo seringkali sangat dahsyat dan memberikan efek yang sangat besar kepada lingkungan sekitarnya. Ketika Anda sedang menjalani wisata Bromo murah, ada beberapa hal yang harus Anda hindari supaya tidak membangkitkan amarah gunung berapi yang sedang tertidur ini. Peraturan ini dibuat demi keamanan Anda sendiri serta kenyamanan bersama. Gunung Bromo memang sangat indah untuk dinikmati, tetapi jangan sekali-kali Anda meremehkan tantangan yang bisa ia berikan untuk Anda.

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Wisata Bromo Murah

Manusia memang makhluk yang lemah. Oleh karena itu kita harus mennggunakan kemampuan berpikir kita yang maju untuk berpikir ke depan dan selalu melakukan persiapan terlebih dahulu demi melindungi diri kita sendiri. Saat wisata Bromo murah pun begitu. Gunung Bromo, walaupun sudah ramai dan terkenal sehingga padat dikunjungi wisatawan, tetap mengandung bahaya-bahaya tersembunyi yang harus kita antisipasi.
Beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan atau harus diwaspadai ketika wisata Bromo karena berbahaya adalah:
•    Batu Pijar
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif. Oleh karena itu, walaupun terlihat tenang, ancaman ledakan selalu saja ada. Disaat Gunung Bromo mulai terlihat panas, Anda harus segera mengevakuasikan diri dari tempat tersebut karena ada ancaman lontaran batu pijar. Batu pijar adalah pecahan batu yang disemburkan dari dalam kawah gunung berapi disaat akan terjadi ledakan. Lontaran ini bisa mencapai tempat yang berjarak jauh sekalipun.
•    Hujan Abu
Hujan abu juga merupakan salah satu bahaya yang mengancam saat gunung berapi mulai bergejolak. Abu tersebut merupakan abu vulkanik yang dapat menyelimuti segalanya dalam lapisan menyesakkan yang tebal. Risiko menghirup abu ini adalah dapat mengakibatkan sesak nafas, iritasi mata, ataupun bahkan penyakit yang kronis pada paru-paru.
•    Gas Beracun
Ketika akan meledak, Gunung Bromo biasanya akan mengeluarkan gas beracun. Gas beracun ini sangat berbahaya karena tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, tetapi dapat mengakibatkan kematian. Orang yang tidak segera mengevakuasikan diri ke tempat lain akan secara tanpa sadar menghirup gas beracun ini. Hal ini dapat berakibat kepada kematian.
•    Jatuh
Gunung Bromo memiliki beberapa tempat yang cukup terjal dan berbahaya. Bisa fatal akibatnya kalau demi foto selfie Anda memancar area-area yang kurang stabil. Jika pijakan Anda kurang tepat, Anda bisa terpeleset dan jatuh ke dalam sungai, air terjun, jurang, atau bahkan kawah gunung berapi. Jangan sampai wisata Bromo murah Anda malah berakhir dengan kisah tragis.
•    Hanyut
Areal Gunung Bromo juga memiliki beberapa tempat yang dialiri air, seperti sungai, danau, dan bahkan air terjun. Anda diizinkan untuk rafting di sungai Gunung Bromo dan juga bermain di danau serta air terjun Gunung Bromo. Tetapi berhati-hatilah, karena air bisa juga berbahaya bagi Anda. Apalagi tanah di sekitar tempat yang ada airnya biasanya kurang stabil dan juga terjal karena sudah terkena efek erosi. Jangan sampai Anda jatuh dan terhanyut di sungai, tenggelam ke danau, ataupun membentur kepala Anda di bebatuan air terjun.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda hindari saat berwisata ke Gunung Bromo. Jangan melakukan hal yang aneh-aneh, karena Anda pergi ke Gunung Bromo adalah untuk menikmati pemandangan alamnya. Ketika sedang wisata Bromo murah, jangan juga buang sampah sembarangan ataupun mengotori lokasi gunung yang masih asri. Hormatilah Gunung Bromo dan ia juga akan menghormati Anda.